Related Posts with Thumbnails

Samsung GT-C6625 Bendung BlackBerry

Sunday 2 August 2009 Labels:
Samsung GT-C6625 Samsung kini menghadirkan seri GT-C6625 untuk membendung serangan iPhone dan BlackBerry. Ponsel ini "diracik" dengan sejumlah fitur mutakhir, namun dibanderol dengan harga tak terlalu mahal.

Dengan harga sekitar Rp 2,4 juta, ponsel pintar ini menyuguhkan fasilitas lengkap, mulai aplikasi bisnis, hiburan, sampai multimedia. Dapatkah ponsel ini menarik kembali pasar yang direbut dua pabrikan yang sedang jadi tren itu?

Desain
Dengan bentuk batang permen, Samsung GT-C6625 memiliki bodi lebar dan cukup tipis. Ini wajar untuk sebuah smartphone. Material cover yang digunakan cukup baik dengan bobot yang ringan, sehingga ponsel ini nyaman dijinjing.

Papan ketik QWERTY yang memenuhi bagian muka di bawah layar menegaskan bahwa ponsel Samsung GT-C6625 masuk segmentasi bisnis. Susunan keyboard ini sungguh rapi. Adapun keypad, untuk mendapatkan susunan sempurna, dibuat menyempit dengan permukaan menonjol. Struktur keypad Samsung GT-C6625 ini terbilang baik. Rongga antar-tuts agak renggang. Di antara jajaran keypad, ada beberapa tombol shortcut ke fitur favorit, seperti kamera, media player, messages, dan browser internet.

Samsung GT-C6625 didukung prosesor 32-bit STMicroelectronics Nomadik STn8810 dengan clock speed 393 MHz. Prosesor ini dinilai kurang cepat dalam mengeksekusi berbagai menu.

Selain itu, ponsel Samsung GT-C6625 ini dibekali memori internal dengan kapasitas sebesar 128 MB RAM dan 128 MB ROM. Kalau memori ini dirasa kurang, disediakan slot kartu ekspansi berjenis MicroSD (support SDHC) untuk menambah kapasitas memori.

Ponsel Samsung GT-C6625 ini beroperasi di atas sistem Windows Mobile 6.1. Interface ini memiliki kemampuan menampilkan widget menu di layar utama. Juga fasilitas memperbesar tampilan layar.

Adapun layarnya berteknologi LCD TFT 262.144 warna dengan resolusi 320 x 240 piksel. Meski kerapatan gambar dirasa kurang, ketajamannya terbilang bagus.

Multimedia
Kurang lengkap rasanya Samsung GT-C6625 ponsel pintar bisnis tanpa fitur multimedia. Karena itu, vendor membekali ponsel Samsung GT-C6625 ini dengan Windows Media Player Mobile, yang bisa memainkan file musik maupun video.

Samsung GT-C6625 Ada pula radio FM, yang ditopang dengan aplikasi Midomi. Ini adalah aplikasi untuk mendeteksi informasi lagu melalui penggalan trek lagu. Teknologi ini sama seperti TrackID pada Sony Ericsson.

Suara yang dihasilkan oleh speaker kurang bagus. Ini mungkin lantaran letak speaker yang menjadi satu dengan corong earpiece. Untuk mengantisipasinya, pengguna bisa menggunakan headset stereo dengan kualitas bas maupun treble yang lebih baik. Bisa juga menggunakan headset Bluetooth stereo via teknologi A2DP.

Sementara itu, kamera yang tersedia pada ponsel Samsung GT-C6625 ada dua. Pertama, kamera utama beresolusi 2 megapiksel. Kedua, kamera di bagian depan untuk video call. Sayang, sarana pendukung kamera Samsung GT-C6625 seadanya. Tidak ada autofocus dan lampu flash.

Fitur Lain
Inilah fitur yang diunggulkan Samsung GT-C6625 sebagai ponsel bisnis. Kemampuannya cukup baik, misalnya membuka dan mengedit file dokumen Word, Excel, PowerPoint, ataupun OneNote.

Fasilitas ini tak bisa digunakan untuk membuat file baru. Tapi ada cara untuk membuat sebuah dokumen baru, yakni dengan membuka file lama dan mengeditnya, kemudian save as dengan nama file baru.

Untuk mendukung kecepatan akses, vendor telah menyematkan dukungan jaringan HSDPA alias 3,5G. Sayang, tak disediakan fasilitas Wi-Fi.

Ponsel Samsung GT-C6625 menggunakan browser internet bawaan sistem operasi, yakni Microsoft Internet Explorer. Kinerjanya lumayan baik, bahkan tampilannya bisa dibuat full screen.

Fasilitas navigasi digital, atau yang dikenal dengan sebutan GPS, juga menyokong ponsel ini. Adapun peta digitalnya mendapat dukungan dari Google Maps yang tersimpan dalam kartu memori.

Navigasi ini memiliki kemampuan cukup bisa diandalkan untuk mencari lokasi atau sebagai panduan navigasi ke tempat tujuan. Bahkan, lewat fitur latitude, pengguna bisa memantau lokasi rekan yang juga memiliki aplikasi Google Maps sama dan telah mengaktifkan fasilitas latitude-nya.

Ponsel Samsung GT-C6625 mendukung segala jenis layanan messaging, antara lain SMS dan e-mail. Tampilan lebih atraktif, bisa terstruktur dengan model threaded view untuk tiap nomor kontak. Adapun e-mail bisa disinkronisasi dengan program khusus yang berkaitan dengan layanan korporat, misalnya Ms Outlook.

Selain dua fasilitas di atas, terdapat dukungan messaging yang lebih interaktif, yakni instant messaging. Aplikasi chatting default yang disediakan ponsel ini adalah MSN dan Windows Live. Namun, kalau pengguna memiliki akun lain, semisal Yahoo! Messenger atau Google Talk, bisa menambahkan aplikasi pihak ketika.

Aplikasi Facebook dan ShoZu pun ada di Samsung GT-C6625. Aplikasi Facebook yang ditanamkan memiliki model mirip kepunyaan BlackBerry. Namun, jalur koneksinya tetap mengacu pada jaringan operator tanpa perlu berlangganan.

Kesimpulan
Ponsel bisnis Samsung GT-C6625 memiliki daya tarik pada desainnya yang disesaki keyboard QWERTY. Juga jaringan HSDPA yang mendukungnya serta fasilitas GPS, Facebook, dan chatting. Faktor harga yang murah juga jadi pertimbangan.

Sayang sekali, sejumlah fitur "kelas berat" seperti itu tidak didukung prosesor yang bagus. Ketiadaan fasilitas koneksi Wi-Fi dan kualitas kamera yang masih seadanya juga menjadi nilai minus ponsel ini. (tabloidseluler)

4 comments:

suwung said...

harganya?

kosong said...

termasuk mahal gak ya?

Samsung GT C6625 said...

@Suwung : sekitar 2,4 Jt
@Suwung plasu : Lumayan, Kalo Ada Wifinya termasuk Murah.

Anonymous said...

om, mo nanya setingan koneksi internet c6625 pake indosat m2 bisa ndak...! klo bisa tolong dijelasin, nuuhun.......

Post a Comment

 
TeknoSell © 2012